Monday, March 30, 2009

Gajian dari Adsense untuk Publisher Indonesia dibayarkan lewat Western Union (WU)

Ini sebetulnya bukan berita baru,hanya saya pikir ada baiknya saya tuliskan juga di sini.Khususnya bagi publisher Indonesia yang bermain dengan Adsense (Google Adsense),
Mulai sekarang pilihan untuk pembayaran Adsense bisa di ambil lewat Western Union, yang mana pembayaran selama ini hanya menggunakan cek.




Untuk memilih pembayaran lewat Western Union (WU) silahkan login ke account adsense:

1.Login ke Adsense www.google.com/adsense.
2.Klik tab My Account.
3.Pada bagian Payment Details Klik link edit.
4.Klik pada Western Union Quick Cash.
5.Klik Continue.
6.Klik Save Changes untuk menyimpan tipe pembayaran.






Apa saja yang harus disiapkan ketika mengambil pembayaran lewat Western Union?

1.KTP/SIM yang masih berlaku.

2.Di form pengambilan akan ditanya siapa nama pengirim, silahkan di isi dengan:
Google Inc. 1600 Amphitheatre Parkway, Mountain View, California 94043, USA. Phone Number: 650-253-4000

3.Jumlah duit yang akan diambil, silahkan liat di halaman Payment History account Adsense kamu

4.MTCN (Money Transfer Control Number) seperti PIN atau nomor khusus setiap pengiriman lewat WU, kamu bisa liat MTCN kamu lewat Account Adsense kamu, klik link details di sebelah Payment Issued pada halaman Payment History.


Dimana Western Union ( WU ) berada ?

Di semua kota besar bahkan kecamatan di Indonesia sudah tersedia jaringan Western Union, terutama karena mereka bekerja sama dengan Kantor Pos Indonesia, BRI dan Bank-bank lokal. Pokoknya cari aja di kantor pos atau BRI yang ada lambang Western Union , pasti bisa untuk ngambil pembayaran Adsense.



Apa kelebihan memakai Western Union?

Selama ini metode pembayaran Adsense menggunakan cek baik lewat Pos maupun DHL sering bermasalah, sering telat, sering gak nyampe dll. Untuk pembayaran lewat WU, begitu payment tanggal 24 setiap bulan, tanggal 25 sudah bisa diambil duitnya dg catatan nomor MTCN nya sudah ada di account Adsense kamu. Mudah, Cepat dan lebih murah dibandingkan dengan pencairan di bank (mencairkan di bank dikenai biaya antara $10 - $50 /tergantung bank ) dan membutuhkan waktu sekitar 1 bulan bahkan lebih.
Pembayaran lewat WU hanya berlaku untuk publisher dengan earning kurang dari $2000, lebih dari itu masih harus pake cek, setiap pembayaran lewat WU, duitnya harus sudah diambil sebelum 60 hari sejak payment di Google Adsense. Duit yang nggak diambil
dalam jangka waktu 60 hari sejak payment, akan di masukkan kembali ke earning account adsense dan di akumulasikan bulan berikutnya.

HARAP DI INGAT :

Memilih metode pembayaran harus dilakukan sebelum tanggal 15 bulan berjalan untuk menerima pembayaran sesuai metode pembayaran yang dipilih. Segera pilih pembayaran pake western Union sebelum tanggal 15 bulan ini untuk menerima pembayaran lewat WU pada akhir bulan.

Pertanyaan/kolom Pesan (Message) WAJIB di isi, menurut petugas bank, pertanyaan itu harus diisi karena aturan dari WU, yaitu: Duitnya untuk apa atau untuk pembayaran apa?. Bisa ditulis, Gajian bulanan, atau earning google adsense bulan …. (sebelumnya). Materai Rp. 6000 mereka sudah di sediakan, mau bayar langsung materainya atau dipotong dari jumlah uang yang diambil juga bisa. Kartu identitas juga mereka yang fotokopi .

Untuk kurs yg digunakan,Western Union punya kurs sendiri, jadi meskipun ambil dimana saja pada hari yang sama, maka kursnya juga akan sama. Jadinya gak perlu milih-milih atau nyari-nyari bank yang kursnya lebih tnggi, kantor post atau bank kurs nya sama saja.

No comments: