Wednesday, May 7, 2008

Update TOS Google AdSense 25-02-08

Tanggal 25 Februari 2008, Google AdSense melakukan perubahan TOS (Terms of Service). Ada dua hal penting dalam perubahan kali ini, yaitu mengenai Privacy Policy dan iklan.

Perhatikan cuplikan TOS Google AdSense yang baru berikut ini:

We’ve also added some specific requirements that make it necessary for publishers to post and abide by a transparent privacy policy that users see. According to this policy, publishers must notify their users of the use of cookies and/or web beacons to collect data in the ad serving process. This change relates to advertisers’ use of innovative products and features like Gadget Ads and other offerings in the future.

Pada kalimat yang dicetak tebal di atas, Google kini mewajibkan publisher AdSense untuk memberitahukan kepada pengunjung akan adanya aktivitas cookies (milik Google AdSense) yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan layanan iklan Google AdSense. Sedang pada kalimat sebelumnya, dijelaskan bahwa pemberitahuan tersebut harus diletakkan pada bagian Privacy Policy yang transparan. Transparan di sini dapat diartikan bahwa halaman Privacy Policy yang kita miliki tidak tersembunyi dan dapat diakses oleh semua pengunjung dengan mudah.

Beberapa aturan dasar program (Privacy Policy) Google adsense mengalami beberapa perubahan, apa saja yang berubah? berikut ini adalah perubahan-perubahan dasar dalam aturan main program Google Adsense:

* Kita boleh memasang iklan dan tombol referal di halaman eror (404) dan halaman registrasi (pendaftaran)
* Adsense for Search boleh dipasang di halaman kosong/ tanpa konten sekalipun
* Dalam satu halaman boleh memasang iklan adsense dari beberapa account adsense berbeda
* AdSense Referral seperti Firefox, Google Pack, dan lain-lain boleh dipasang dihalaman kosong/tanpa konten sekalipun
* Jika kamu diikutkan dalam program beta apapun dari google adsense, kita nggak boleh ngomongin masalah itu di blog atau ditempat umum lainnya
* Dibolehkan untuk memasang program lain yang sejenis dan kontekstual seperti google adsense dalam satu halaman, program sejenis seperti bidvertiser dll sudah boleh dipasang bareng dengan adsense
* Jika account kena banned, semua akumulasi dana yang tersimpan, akan disumbangakn ke yayasan sosial oleh google adsense
* Publisher adsense diharapkan untuk mencantumkan/membuat halaman privacy policy yang menyatakan bahwa data pengunjung web/blog disimpan dalam cokie iklan google adsense.

Penting: untuk semua publisher adsense, harus menerima aturan baru ini sebelum tanggal 25 mei 2008, apabila belum menyetujui aturan baru ini, maka account adsense kamu akan di non aktifkan.

Tulisan ini adalah pendapat dan pemahaman pribadi terhadapat aturan baru google adsense di bandingkan dengan aturan/tos sebelumnya. Apabila ada hal-hal yang kurang jelas dan kurang meyakinkan, silahkan hubungi support google adsense sebelum mengambil tindakan selanjutnya.

No comments: