Monday, May 12, 2008

Update TOS Google AdSense 25-02-08: Privacy Policy

Kalau melihat postingan saya sebelum ini mungkin ada yang berpikir kok ada postingan Privacy Policy segala.
Ok, kita kupas.Sebetulnya ini lebih ditujukan untuk mereka netter yang mencari uang sebagai Publisher di Google AdSense.

Sebetulnya postingan ini agak terlambat karena Google AdSense terakhir kali meng-update TOS nya tanggal 25 februari 2008.Tetapi mungkin dari para publisher pengais dollar ada yang belum tahu, nah saya tulis saja sekarang sekalian memenuhi jadwal posting.

Tanggal 25 Februari 2008, Google AdSense melakukan perubahan TOS (Terms of Service). Ada dua hal penting dalam perubahan kali ini, yaitu mengenai Privacy Policy dan iklan.
Tapi yang akan saya bahas adalah Privacy Policy.

Perhatikan cuplikan TOS Google AdSense yang baru berikut ini:

We’ve also added some specific requirements that make it necessary for publishers to post and abide by a transparent privacy policy that users see. According to this policy, publishers must notify their users of the use of cookies and/or web beacons to collect data in the ad serving process. This change relates to advertisers’ use of innovative products and features like Gadget Ads and other offerings in the future.

Pada kalimat yang dicetak tebal di atas, Google kini mewajibkan publisher AdSense untuk memberitahukan kepada pengunjung akan adanya aktivitas cookies (milik Google AdSense) yang bertujuan untuk mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan layanan iklan Google AdSense. Sedang pada kalimat sebelumnya, dijelaskan bahwa pemberitahuan tersebut harus diletakkan pada bagian Privacy Policy yang transparan. Transparan di sini dapat diartikan bahwa halaman Privacy Policy yang kita miliki tidak tersembunyi dan dapat diakses oleh semua pengunjung dengan mudah.

Disamping itu ada beberapa peraturan dasar yang berubah ,antara lain :

* Kita boleh memasang iklan dan tombol referal di halaman eror (404) dan halaman registrasi (pendaftaran)
* Adsense for Search boleh dipasang di halaman kosong/ tanpa konten sekalipun
* Dalam satu halaman boleh memasang iklan adsense dari beberapa account adsense berbeda
* AdSense Referral seperti Firefox, Google Pack, dan lain-lain boleh dipasang dihalaman kosong/tanpa konten sekalipun
* Jika kamu diikutkan dalam program beta apapun dari google adsense, kita nggak boleh ngomongin masalah itu di blog atau ditempat umum lainnya
* Dibolehkan untuk memasang program lain yang sejenis dan kontekstual seperti google adsense dalam satu halaman, program sejenis seperti bidvertiser dll sudah boleh dipasang bareng dengan adsense
* Jika account kena banned, semua akumulasi dana yang tersimpan, akan disumbangakn ke yayasan sosial oleh google adsense
* Publisher adsense diharapkan untuk mencantumkan/membuat halaman privacy policy yang menyatakan bahwa data pengunjung web/blog disimpan dalam cokie iklan google adsense.

Catatan : untuk semua publisher adsense, harus menerima aturan baru ini sebelum tanggal 25 mei 2008, apabila belum menyetujui aturan baru ini, maka account adsense-nya akan di non aktifkan (bukan di banned).

Untuk perbandingan antara TOS yang lama dan baru, silahkan liat di file .pdf dari labnol.org

Untuk cara bikin Privacy Policy,para Publisher bisa menggunakan tool dibawah ini

Privacy Policy Generator yang dapat Anda manfaatkan:

* disclosurePolicy.Org
* the-DMA.Org

Anda tidak perlu membuat halaman Privacy Policy di SEMUA situs Anda. Alternatifnya, buat saja satu halaman Privacy Policy di salah satu situs dan cantumkan bahwa Privacy Policy tersebut berlaku untuk situs-situs Anda yang lain (sertakan nama-nama domain Anda). Selanjutnya tinggal berikan link dari situs Anda yang lain ke halaman Privacy Policy tersebut.

Anda bisa membuat halaman Privacy Policy di Wordpress dengan melalui Write Page. Untuk Blogspot, buat posting baru dan isi dengan Privacy Policy tersebut.

Sumber tulisan :
www.cosaaranda.com
www.isnaini.com

No comments: